Sebuah Gagasan untuk VMC

VMC saat ini sudah sangat berkembang,kalo boleh di bilang sangat pesat. Cuma dalam perkembangannya saya melihat tidak seperti awal-awal saya masuk Februari 2004, 2 tahun lalu. Saat ini sangat terasa BLOK sentris.Silaturahmi sifatnya hanya satu blok atau Rt saja.Hanya segelintir warga yang kenal dengan warga di luar Bloknya. Ada  3 usulan kecil yang mudah-mudahan bisa berdampak besar buat warga VMC  secara keseluruhan.

1.Penghijauan
Disadari atau tidak sebetulnya kita tinggal di daerah resapan air.Konsekwensinya kedepan, cadangan air buat kita pasti akan menipis.Saat ini saja sudah mulai terasa, sekian bulan kering,sumur mulai memerah airnya,itu tanda air di dalam mula berkurang debitnya. Ada beberapa lahan kosong di sekitar VMC yang mestinya secepatnya di tanami pohon seperti di bantaran kali  sekitar Blok G,Blok B. tanah kosong di sebrang timur blok D.

Mungkin pertanyaanya dana dari mana untuk penghijauan?
Jawabnya, tidak harus pakai dana.Tanam saja buah-buahan.

Kita mulai mulai saat ini, setiap keluarga di wajibkan membuat semacam pembenihan dari biji buah yang mereka makan, misalnya biji duku, alpokat, mangga, durian, nangka, jambu dll. Biji ini di taman dulu di polybag sampai tumbuh sekitar 40-50cm baru di kumpulkan oleh RT masing masing untuk kemudian di setor ke rw  lalu rame-rame kita tanam. Hitung saja penghuni VMC ada 500 KK.Setiap KK membuat 5 benih tamanam sudah terkumpul 2500 benih tanaman.Dahsya sekali pengaruhnya 5 tahun ke depan  disekitar kita sudah rindang buahnya bisa kita nikmati bersama tanpa harus membeli. Hanya perlu niat yang kuat,di jalankan dengan konsisten dan didukung oleh semua warga.

2.Pengolahan sampah organik
Kadang kita merasa bahwa kalau sudah membayar iuran sampah urusan  selesai. Kalau kita sedikit mau berfikir lebih luas sebetulnya sampah yang kita hasilkan menimbulkan dampak yang tidak menyenangkan buat warga lain, tempat sampah itu di buang. Contohnya TPA liar yang saat ini sudah ditutup kita tolak keberadaanya. Lalu sampah yang kita buang apakah tidak menimbulkan penolakan di tempat lain?jawabnya mungkin belum? Saya merasa bahwa ini dosa kita juga membuang kotoran ke tempat lain yang orang lain merasa terganggu (walaupun TPA Depok tidak bermasalah sampai saat ini).

Saya usulkan untuk penanganan sampah, mari kita mulai dari keluarga kita.Sampah kita olah menjadi sampah organik.Sampah basah dan sampah kering kita pisah.Mengenai teknisnya kita bisa belajar di tempat lain yang sudah memulainya.Dari sampah organik keluarga ini,hasilnya bisa untuk penghijauan di sekitar rumah.Kalau berlebih bisa kita jual (bisa menjadi ide usaha bagi warga VMC kalau mau mengolah sampah organik ini) Dengan begini lingkungan kita tambah hijau dan tanahnya sangat subur.

3.Potensi Zakat mal (bagi warga muslim)
Saya Yakin kita sebagai muslim pasti sudah menunaikan Zakat baik itu zakat fitrah maupun zakat mal. Zakat fitrah kita laukan hanya saat bulan puasa saja. Zakat mal inilah yang memiliki kekuatan ekonomi yang kuat bagi  warga VMC. Potensi zakat mal inilah yang mestinya di berdayakan,kalau setiap warga VMC sudah menunaikan zakat malnya kemakmuaran warga di sekitar VMC otomatis akan meningkat. Dari  dana zakat mal ini kita bisa memberi pinjaman usaha kecil kepada warga yang tidak mampu untuk berusaha,membiayai pendidikan,membiayai janda-2 dan lain

Tiga usulan ini medah-medahan bisa menjadi program RW agar kita bisa lebih berdaya kedepan. Hanya kita yang bisa.bari kita bersama mewujudkannya..

Achmad Fauzie, Fotografer Mingguan Ekonomi dan Bisnis Kontan
Telpon: 021-5357636
Faksimili: 021-5357633
HP: 021-98611992, 0817188836
Email: fauzie_kontan@yahoo.com
sepedakupaketiaprabudanjumat

About kurnia_1

just IT-man wannabe
This entry was posted in Umum, Usul Usil. Bookmark the permalink.

15 Responses to Sebuah Gagasan untuk VMC

  1. dedy (Blok E6/18) says:

    kalau boleh menambahkan
    4. Pengadaan pos keamanan dan portal di pintu masuk dari raya grogol, dan dari tanah baru. Alasannya, pertama untuk mengurangi lalu lintas kendaraan berat (truk) karena dijadikan jalan alternatif ke jakarta, aspal jadi rusak. Kedua meningkatkan keamanan.

    terimakasih

  2. ono d12-8 says:

    om fauzie…idenya bagus juga..
    email berkali2 nggak dibalas
    kenapa yaaaaaaaa?????
    taman yang blok d 12 – d 11 kenapa nggak segera dijadiinn….kalau bisa bikin saung donk
    buat kongkoww2
    salllllaaaaaammmmmm

  3. andri says:

    ide yang luar biasa… semoga bisa qta direalisasikan…
    salaam

  4. agus (b8) says:

    saya sangat setuju dengan ide pak fauzie.

    salam,

    agus
    081 2181 4882

  5. Toni D12/47 says:

    Huaaa… kangen sama VMC neh… saya di balikpapan skrg

  6. eko pujianto says:

    oh iya sebelumnya salam perkenalan dulu, saya Eko blok B no.38, sekarang rumahsaya lagi di renovasi jadinya sekarang nebeng dulu dirumah mertua di kebun jeruk, terus terang saya salut dengan ide-idenya warga VCM yang cemerlang, so kapan ya bisa bergabung…hehehe jadi pengen cepet pindah ke VCM…hehehehe….salam untuk semua warga VCM

  7. ira says:

    hallooo saya calon penghuni VMC di blok F, saat ini saya belum pindah lagi sedang renovasi rumah insyaALLAH tahun 2008 pindah,… salam kenal yah.. Ira & Ryan

  8. iyand says:

    halooo semuanya,
    nama gw iyand, gw baru sebulan nih nikah. rencananya lagi sibuk nyari2 rumah yang tepat buat keluarga kecil gw nantinya.hehe.. mau tau donk pendapat dari VCM kesannya tinggal disana. dan kasih informasi sedikit tentang VMC misalnya akses jalan (saya dan istri kebetulan kerja di daerah kuningan jakarta) dan sudah berapa banyak penduduk disana, listrik dan air dan hal2 yang mungkin sering ditanyakan sebelum membeli rumah (kalo nanya ke marketing khan pastinya dibilang yang baik2 semua)hehe,,sekali lagi makasih ya buat sharenya,,saya sdikit interest nih dengan VCM, siapa tau kita bisa jadi tetangga nantinya,,amien,,

  9. Ade says:

    Salam kenal,
    Tinggal di VMC yang jelas asyik banget.
    Secara keseluruhan saya dan keluarga cukup puas tinggal disini.
    Lingkunganya enak (kebetulan rumah saya dekat taman, dan jalan di depan rumah lebih lebar).
    Air tanah bagus, udara bersih, bebas polusi, dan tenang ga berisik, dan yang jelas BEBAS BANJIR.
    Akes ke jakarta juga dekat dan mudah, apalagi dengan rencana dua ruas jalan tol arah jagorawi dan antasari yang akan mulai dibangun 2009.
    Tetangga juga kompak dan kekeluargaan.
    Temanku yang batal ngambil rumah di VMC padahal sdh bayar booking fee, dia nyesel banget..

  10. Heri D12/29 says:

    salam kenal,..usul pak fauzie sebagian mulai terlaksana yah keliatannya cuma masalah sampah aja ni yang belum,.. saya setuju banget tuh misahin sampah , kahn bisa jadi pupuk organik buat pohon-pohon yang kita tanam.. cuma sapa yang punya ilmunya yang praktis..gak ngerepotin..biar kita-kita gampang ngurusnya (maklum waktu udah abis di luar rumah.. ) trus gimana biar blog ini tambah rame..jadi tambah banyak tetangga tetangga an kumpul disini..apalagi ada rencana rt rw net..(gak tau kalo di blok d dah bisa akses belum …) aloww pak toni..

  11. arief D1119 says:

    Wah Keren ya VMC..

    salam kenal

  12. Lusy c3.24 says:

    salam..
    kok yg rame ngisi bapak2 semua? ibu2nya mana yaa..
    mungkin ada yang bisa sharing cara ngerawat anak, secara saya baru punya bayi.. skrg lg bingung mslah nyamuk.
    pdhl udah kerja bakti kan yaa? klo gak pake obt nyamuk si baby bentol2 paginya, tp klo dipake takut racunnya… hbs udah gak mau tidur di baby box….:)

    semoga VMC makin maju yaaa…

    R’
    Lusy

  13. Ferdian Blok C2 No 21 says:

    Salam kenal
    pertama tama saya minta ijin untuk gabung di forum ini.
    saya sangat setuju dengan ketiga usulan tersebut apalagi yang pertama mengenai penghijauan saya pernah membaca artikel di suatu surat kabar di luar negeri yaitu di malaysia bahwa mereka menanami lahan kosong mereka dengan pohon-pohon yang berproduktif yang nantinya berguna untuk perkembangan wilayah itu sendiri. contohnya untuk lahan ditengah jalan raya VMC ini kalau di tanam pohon kelapa sawit mungkin bisa bermanfaat daripada pohon kelapa yang sekarang selain pohon kelapa sawit cukup enak dipandang buahnya bisa diproduksi sehingga ada pemasukan bagi pengelola lingkungan atau RW.dilahan-lahan kosong setiap blok bisa ditanami pohon-pohon yang bisa untuk obat.
    itu saja gambaran dari saya mengenai penghijauan.
    terima kasih

  14. Agus G5/39 says:

    Salam kenal semua …. menarik sekali usul dan saran yang disampaikan, semoga dapat direalisasikan. Mengenai kondisi jalan VMC sepertinya mulai mengalami kerusakan, sehingga perlu ada pembatasan kendaraan yang masuk.
    Kapan ya jalan di depan VMC diperbaiki?

    Wassalam

  15. Mul Blok B/26 says:

    Ass, sekedar saran untuk pertandingan/turnamen bulutangkis tingkat RW sudah yang kedua kali VMC gagal jadi juara 1 ane ngeliat semua pemain di VMC bagus malah diatas rata2 semua seperti terkesan mementingkan suatu kelompok tertentu adoohhh… klo dalam sepak bola suatu team itu KO alias kalah bukan pemainya yg di salahkan tapi Manager Team yg harus di out…. saran ane ganti manager team bulutangkis VMC… hihiiii….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s